Rabu, 23 November 2016

Pulau KETAWAi

TPI desa kurau
Pulau Ketawai. Pulau kecil yang terletak di sebelah timur pulau bangka. Pulau ini sudah menjadi destinasi setiap wisatawan yang berkunjung ke Pulau Bangka. Kali ini, saya akan berbabagi cerita sedikit ketika menikmati liburan di Pulau Ketawai.

Di Pulau Ketawai ini kalian tidak memerlukan bantuan google maps lagi. Kalian hanya butuh cari open trip untuk perjalanan kesana. Enaknya ikut open trip adalah kalau kalian berasal dari luar pulau Bangka pasti kalian akan di jemput ketika tiba di Pulau Bangka. Selain itu juga, kalian tidak harus membuat janji jauh-jauh hari dengan pemilik kapal.

Apa sih yang ditawarkan oleh pulau ketawai ini? Yang pasti menawarkan pantai dan pasir putih, haha. Seperjalanan saya ke pulau ketawai ini saya melihat pantai yang bersih dan dirawat karena ada beberapa orang disana yang memang membantu membersihkan pantai. 

Ada juga beberapa fasilitas yang disediakan walaupun terkesan seadanya seperti, lapangan voly atau bola pantai, tempat pemanggangan ikan, jogging track, camping spot, spot snorkling, sewa alat snorkling, mushola, dan air bersih. Untuk sebuah pulau yang pernah ramai pada masanya ini bisa dikatakan siap walaupun seadanya. 

Kalau kalian tidak mau open trip kalian bisa bertanya kepada nelayan di desa Kurau yang biasa nganter penumpang ke pulau ini. Tapi, tidak semua nelayan mau mengantar ke pulau tersebut, entah apa alasannya  tidak mau. Lama perjalanan menuju pulau Ketawai ini lebih kurang sekitar tiga puluh menit. Berangkat dari Pangkalpinang ke desa Kurau.

Spot snorkling dipandu sama ahlinya
Tapi ada hal yang sangat saya sayangkan ketika saya snorkling di sekitar pulau Ketawai ini. Ya, pasti kalian semua sudah tahu. Ada beberapa spot karang yang rusak akibat perilaku seenak jidatnya pengunjung. Ini adalah hal yang sangat disayangkan karena bisa tumbuh sebesar itu, mereka butuh waktu yang sangat lama sekali tapi dirusak sangat cepat sekali. 

Sangat diharapkan bagi kalian yang ingin melakukan snorkling di manapun itu, tolong untuk jangan merusak terumbu karang. Oh iya kalau kalian sunset hunter dipulau Ketawai ini dijuluki oleh yang punya kapal sunset yang dimakan pulau Bangka”.

Share:
Lokasi: Indonesia

4 komentar:

  1. ayooo kak aku diajak kesana...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo sebelum akhir tahun kesini deh yakin lah keren deh

      Hapus
  2. Wisatawan yang gagap traveling memang cenderung jadi perusak, Mbak. Makanya perlu edukasi agar menjadi semakin baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih, mereka lebih mementikan kepuasan mereka sendiri. miris rasanya

      Hapus