Kamis, 08 Desember 2016

Turun Aban Asyik loh.

spot poto
Akhir pekan nampaknya asyik menghabiskan waktu di pantai. Seperti kegiatan saya di akhir pekan lalu. Menurut versi saya, liburan saya kali ini terkesan seru. Meskipun kedengarannya agak lebay alias berlebihan. Pantai yang saya kunjungi adalah pantai Turun Aban yang terletak di daerah Sungailiat, Bangka. Sepanjang perjalanan ke pantai Turun Aban, kalian akan disuguhi sederet pemandangan pantai lainnya, mulai dari pantai Batu Bedaun, pantai Parai, pantai Turun Aban hingga pantai Matras.

Dalam sekali tempuh, kita akan menjumpai banyak pantai di sepanjang perjalanan kita. Tinggal kalian memilih pantai mana yang akan kalian singgahi? Namun kali ini saya lebih memilih pantai Turun Aban. Menurut kata orang, pantai Turun Aban beradal dari nama pemilik tanah di area tersebut, sedangkan Turun sendiri diambil dari kondisi jalan yang menurun ketika menuju pantai tersebut. Begitulah sedikit info yang bisa saya sampaikan.


Perjalanan dari Pangkalpinang ke pantai Turun Aban

Saya memulai perjalanan dari pangkalpinang ke pantai Turun Aban tanpa menggunakan google maps, karena akses jalan ke sana sangat jelas. Petunjuk jalan sangat mudah sekali dibaca, selain itu hanya satu jalan untuk menuju ke sana.

karena emang cuma satu jalur untuk menuju kesana tapi kalau mau menggunakan google maps juga tidak masalah kok. Mana yg kalian suka aja, hehe. Berdasarkan waktu tempuh jam tangan saya, untuk sampai ke pantai Turun Aban kurang lebih 30 menit sampai 45 menit. Itu sudah include terkena lampu merah berapa kali, loh. Haha.

Biaya Retribusi yang tidak jelas
Sampai di kawasan Matras kendaraan kita akan dihentikan oleh "petugas" tak berseragam yang bebas memungut retribusi untuk masuk ke area pantai. Saya sebetulnya agak bingung sama retribusi daerah ini, untuk apa? Akses jalan menuju pantai masih terlihat belum beraspal dengan tanah kuning. Entah emang konsepnya mau dibikin alami atau gimana? aku pun kurang tau, deh. Tempat untuk bersantai seperti pondok atau gubuk di beberapa pantai dikenakan biaya sewa. Jadi, apa yg bisa kita nikmati dari pembayaran biaya restribusi? Entahah mungkin dia dan tuhan yang tau, hhaha

Apa aja yang ada di Pantai Turun Aban

Pantai Turun Aban ini sebetulnya tempat berlabuhnya kapal nelayan. Jadi, tak heran ketika kita berkunjung ke sana akan menjumpai banyak sekali kapal nelayan yang sedang berlabuh. ada masanya kita berkunjung ke pantai ini banyak sekali kita lihat kapal nelayan menepi. Tapi ingat yah, kita tidak boleh sembarangan naik kapal nelayan ini, karena sudah ada larangan tertulis “dilarang  naik ke atas kapal”.

Di pantai Turun Aban ini terdapat batu-batu granit yang menjulang tinggi dengan pasit putih. Yah, mirip seperti pantai yang kalian lihat pada film laskar pelangi. Selain itu kalian dapat melihat pemandangan unik ketika perahu nelayan tersangkut batu granit besar di tengah laut. Jika kalian suka dan tertarik dengan wisata bawah laut, pantai ini juga memiliki spot snorkeling indah. Menariknya kita tak perlu jauh-jauh berenang atau naik kapal ke tengah laut untuk mendapatkan spot underwater tersebut, karena letaknya di tepian pantai.
Pantai ini memiliki tepian yang luas dan cocok buat kalian yang ingin bertamasya ke pantai dengan menggelar tikar untuk makan bersama atau bakar-bakar ikan. Asyik bukan? Tapi ingat, apapun aktivitas kalian, jangan lupa buang sampah pada tempatnya, ya!

Traveling akan terasa kurang bila kita melewatkan moment foto-foto, selfie atau wefie. Ya, bagi kalian yang suka dengan hal tersebut kalian bisa manfaatkan spot di sebelah atau di depan tulisan “Pantai Turun Aban”. Selain itu batu-batu granit pun dapat menjadi salah satu spot yang menarik untuk berfoto ria. Batu-batu tersebut Nampak cantik ketika masih alami dan bebas dari coretan tangan-tangan kreatif yang tak bermoral.
Pantai ini memiliki lahan parkir yang luas dan lebih tertata dan terlihat ada petugas jaga. Jadi gak kayak setan yang tiba-tiba muncul saat kita pulang dan pada saat kita datang dia gak ada. Haha. Beberapa fasilitas lainnya adalah mushola untuk ibadah bagi pengunjung muslim. Pantai ini terlihat cukup bersih, meskipun ada beberapa sampah yang masih terlihat, entah siapa yang membersihkannya?


Nah, gimana udah terasa belom aura-aura kasihnya? Eh, aura mau liburan ke pantai Turun Aban ini? Kalau mau, boleh deh kita berangkat sama-sama. Dengan syarat waktu luang kita berjodoh, ya! Hehe.  yah tapi harus cocok-cocokan waktu dulu yah. Hehe
Share:
Lokasi: Sungai Liat, Bangka Regency, Bangka Belitung Islands, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar